UJI TIK
I
1.B 11.B 21.C
2.A 12.B 22.C
3.E 13.A 23.C
4.B 14.A 24.E
5.C 15.D 25.B
6.C 16.D 26.C
7.E 17.C 27.A
8.C 18.C 28.B
9.A 19.B 29.A
10.A 20.A 30.B
II
1. Bookmark
2. Chatting
3. Melampirkan
4. Mendaftarkan diri ke alamat e-mail
5, Subject
6. Electronic Mail/surat elektronik
7. Cacel
8. Add
9. Password
10. Mencari letak dokumen yang akan dilampirkan
III
1. Beberapa aplikasi e-mail client:
mozilla thunderbird
claws mail
spice bird
zimbra
sylpheed
2. Contoh alamat website layanan E-mail gratis:
gmail.com.mail, yahoo.com, hotmail.com, mail.com, mail.telkom.net
3. E-mail adalah pesan elektronikyang dikirim dari komputer seorang pengguna ke komputer lainnya.4. Langkah membuat E-mail pada Ms.Account Outlook:
a. Masuk pada program Ms. Office outlook
b. Klik next pada tampilan awal.
c. Pada tampilan account configuration pilih yes, kemudian next.
d. Pada tampilan “add new acoount” pilih manually configure server setting or additional server dan masukkan data – data yang diminta sesuai kotak yang tersedia.
e. maka akan muncul jendela baru. Pilih general setting dan sel mail account akan otomatis memunculkan alamat email anda.
f. Kemudian pilih tab outgoing server seperti yang muncul pada gambar dibawah ini. Pilih ‘my outgoing server requires authentication’. Pilih juga ‘use same setting as my incoming mail server’
g.Klik tab Advance
h. Klik ok.
i. Setelah itu ketik test account setting dan tunggu beberapa saat hingga proses tersebut selesai. Dan klik close.
j.Setelah itu proses penambahan acoount email anda telah berhasil dilakukan dan klik finish.
5. Cara menambah e-mail di address book pada Ms.Outlook:
Di Outlook atau Outlook Express, pada menu alat , klik opsi. lalu pada tab kirim klik otomatis tambahkan orang yang saya balas.
6. Cara mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail:
klik tulis pesan.
kepada : Isikan alamat Email Tujuan
Cc : “Copy Carbon” maksudnya adalah anda bisa mengirimkan dengan beberapa alamat email sekaligus. Bila anda hanya mengirim email dengan 1 alamat saja maka, maka Dikosongkan saja.
Judul : Isikan Judul Email Anda. ( Dikosongi juga boleh ) tapi alangkah baiknya di isi saja, agar tidak di anggap sebagai SPAM
Lampiran : Anda juga bisa mengirimkan (menambahkan File
) lewat email ini dengan Format: Doc, pdf, Rar, Zip, Mp3, dan sebagainya,
dengan catatan File tidak melebihi dari 10 Mega.
Isi surat/Email : Silahkan tulis Surat /
Email Anda di situ… seperti anda mengetik di Microsoftword.
Tombol Kirim : Setelah selesai menulis suratnya, sekarang
Anda tinggal mengirimnya yaitu
dengan cara “KLIK” Tombol “Kirim” dan Tunggu beberapa
saat
7. Cara mengirim file melalui e-mail
Masuklah ke akun
Yahoo mail teman-teman.
Pilih Compose
Pilih Compose
Masukkan alamat
e-mail tujuan, subjek e-mail serta isi dari e-mail yang akan dikirimkan
Klik Attach atau Lampirkan (gambar paper clip)
Tunggulah hingga proses upload selesai.
Klik Attach atau Lampirkan (gambar paper clip)
Tunggulah hingga proses upload selesai.
Kirimkan e-mail
dengan mengklik gambar burung kertas.
E-mail telah terkirim. SELESAI.
8. Langkah membuat e-mail di Yahoo:
Buka program browser
Ketik www.yahoo.com. setelah halaman Yahoo ditampilkan klik Buat Account
Maka akan tampil halaman formulir pendaftaran. Letik biodata.
Pada kotak ID Yahoo dan e-mail, isi dengan nama e-mail yang kamu hendaki.
mengisi pertanyaan keamanan.
jika kode yang diisi benar maka akan tampil halaman. klik lanjutkan untuk masuk ke e-mail kalian.
klik lanjutkan maka akan tampil halaman yahoo kembali.
9. Perbandingan dari kelebihan yang dimiliki pleh Pop Mail, Web Based Mail, dan E-mail Forwarding:
a. web mail : tidak memerlukan mail client, fungsi e-mail dapat diakses dari beberapa tempat.
b.
pop mail : dapat dibaca dalam kondisi offline, untuk mendownload e-mail
dari server alamat e-mail dan mengririm balasan kita harus mempunyai
program client mail,.
c forwarding mail : kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya.
10 Yang dimaksud To, Cc, Bcc pada waktu kita membuka form untuk mengirim e-mail:
To adalah untuk mengirimkan tujuan ke pada seseorang
CC adalah singkatan dari Carbon Copy. Maksudnya, selain
kita bisa kirim email kealamat yang ada di kolom “To”, kita juga bisa sekaligus
kirim email kebanyak alamat tujuan dalam waktu bersamaan. Jadi kita nggak perlu
tulis email satu persatu, satu email di copy untuk dikirim kebanyak tujuan. Sebagai catatan, apabila kita
menggunakan kolom CC, si penerima akan tahu siapa-siapa saja yang menerima
email yang sama dengan dirinya. Sedangkan BCC, adalah singkatan
dari Blind Copy Carbon. Maksud dan tujuannya hampir sama, cuma ada sedikit
perbedaan, dimana para penerima email tidak akan mengetahui siapa-siapa saja
yang menerima email seperti dirinya. Jadi, sekarang apabila kita
hendak mengirim email udangan misal, nggap perlu repot untuk mengirim satu
persatu. Isikan saja beberapa alamat email baik di kolom CC atau Bcc ( sesuai
kegunaan ) secara bersamaan, dan jangan lupa, antara alamat email di pisahkan
dengan koma.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar